Konfigurasi NTP pada Server ESXi (Lab 74)

10:39:00 PM



Assalamualaikum

Kali ini kita lanjut lab lagi, sekarang kita akan mengkonfigurasi NTP pada server ESXi. Sedikit penjelasan tentang NTP dulu yaa..

Apa itu NTP?

NTP (Network Time Protocol) ini merupakan merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Proses sinkronisasi ini dilakukan di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protokol komunikasi TCP/IP. Sehingga proses ini sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket-paket data saja.

Jadi pada intinya NTP ini mengatur semua yang berhubungan dengan waktu, pada ESXi ini, NTP digunakaan pengecekan log, scheduler task, alarm dan sebagainnya.

Langsung saja kita konfigurasi NTP ini, saya menggunakan vSphere Client untuk meremote ESXi-nya, jika os kalian linux, bisa menggunakan Web Client seperti di postingan saya sebelumnnya.

STEP 1 - Login ke VMware ESXi-nya

Buka aplikasi vSphere Client (aplikasi ini hanya untuk os windows) nya. Kemudian masukan IP Address atau domain name dari ESXi servernya, lalu kita akan login menggunkan user root, masukan user dan passwordnya.
login vmware clinet
jika muncul tab tentang  "Certificare Warning" di skip aja, atau bisa kita ignore aja...

security warrning
STEP 2 - Konfigurasi NTP

Setelah login kita pilih pada tab Configuration > Time Configuration
konfigurasi ntp
Lihat status di opsi NTP Client, jika Stopped berarti service NTP belum berjalan, lalu kita klik properties dipojok kanan atas.
ntp stopped
Kemudian kita beri ceklis di bagian NTP Client Enable, lalu klik Option...
ntp konfigurasi
Lalu pada opsi Startup Policy di bagi 3 pilihan yaitu :
  • Start automatically if any port are open, and stop when all port are closed, tinggal di artikan saja, jadi ntp akan otomatis berjalan jika ada port yang terbuka dan otomatis berhenti saat semua port tertutup
  • Start and stop with host, ntp akan berjalan dan berhenti seiring host (server ESXi) sedang menyala atau mati.
  • Start and stop manually, ntp akan berjalan dan berhenti sesuai kemauan kita, jadi misalkan server ESXi mati dan dinyalakan kembali ntp tidak akan berjalan sampai kita sendiri yang menjalankan ntp tersebut.
Saya disini memilih Start and stop with host, lalu klik opsi NTP Setting untuk menambahkan server ntp-nya
startup policy ntp service
Selanjutnya kita tambahkan konfigurasi NTP, klik Add... lalu isi dengan alamat ntp yang kalian inginkan, disini saya menggunakan alamat ntp server Indonesia id.pool.ntp.org lalu klik OK
masukan alamat ntp server
Setelah itu jangan lupa untuk memberikan ceklis pada bagian Restart NTP service to apply changes, kemudian klik OK
add alamat ntps erver
Lalu balik lagi pada opsi General, klik Start untuk menjalankan NTP servicenya
start ntp service
Jika sudah, di Status akan beruma menjadi Running
ntp running
STEP 3 - Verifikasi

Setelah semua settingan sudah di konfigurasi, sekarang kita bisa lihat waktu di ESXi nya, yang tadinya Stopped, sekarang sudah Running. 
ntp running

Nun walqalami wana yasthurun
Wassalamualaikum...

You Might Also Like

0 komentar