Instalasi Proxmox Virtual Environment (PVE)

3:39:00 PM




Assalamualaikum
Hii man teman, yang punya satu server dengan resource banyak biar bermanfaat, the solution is install Proxmox VE, daripada resource nya sayang tidak dipakai ya gaa? kuy kenalan dulu sana makhluk yang satu ini hehe :3

Pengenalan Proxmox

Proxmox VE (Virtual Environment) adalah salah satu distro Linux dari basis Debian yang mempunyai fungsi khusus sebagai virtualisasi baik appliance maupun operating system. Proxmox berjalan dengan mode text, walaupun seperti itu Proxmox akan lebih mudah dikonfigurasi melalui akses remote dengan web based. Untuk sekarang Proxmox dengan release terbaru adala Proxmox VE 2.3 Proxmox support beberapa jenis platform virtualisasi seperti KVM dan OpenVZ. Dengan berbasis distro Debian Stable dan menggunkan kernel khusus untuk virtualisasi menjadikan Proxmox VE sebuah Bare Metal Virtualtation Platform yang power full.  Bare Metal adalah sistem komputer dimana mesin virtual dipasang langsung pada komputer dala sistem operasi tanpa diinstall terlebih dahulu aplikasi tertentu. Istilah Bare Metal mengacu pada hardisk.


Kelebihan Proxmox

Proxmox ini memiliki banyak kelebihan, antara lain:

  1. Open source, sehingga free untuk digunakan oleh siapapun.
  2. Mudah dalam instalasi dan konfigurasi.
  3. Mendukung platform virtualisasi berbasis KVM dan OpenVZ.
  4. Mendukung berbagai format hardisk virtual.
  5. Minimalis dan power full dalam pemakaian memory karena hanya butuh sedikit memory untuk menjalankan virtual server.
  6. Mendukung auto backup sesuai schedule yang ditentukan baik ke internal storage maupun external storage.
  7. Dapat digunakan untuk Cluster dan High Avaliablity Server.
  8. Mendukung banyak model storage : LVM, iSCSI, Local Directory maupun NFS.
  9. Sudah mendukung Live Migration.

Beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai Proxmox antara lain :

  1. Proxmox hanya disediakan untuk mesin 64 bit sehingga tidak akan bisa berjalan pada mesin 32 bit.
  2. Pada saat instalasi, Proxmox akan menghapus seluruh isi dari hardisk. Sehingga jika hanya  ingin melakukan percobaan gunakan hardisk yang kosong atau gunakan mesin virtual juga.
  3. Jika ingin menggunakan KVM, Proxmox membutuhkan motherboard/CPU yang mendukung teknologi virtualisasi yaitu intel VT/AMD-V.

Kebutuhan Hardware Untuk Proxmox

Kebutuhan spesifikasi server pada dasarnya tergantung pada virtual server yang akan digunakan. Semakin tinggi spesifikasi yang akan dijalankan maka semakin tinggi juga kebutuhan hardware yang harus tersedia (mesin induk). Meski demikian, asumsi ini tidak 100% benar karena ada beberapa teknologi virtualisasi seperti OpenVZ yang mampu melakukan pembagian resource sehingga apabila jika mesin virtual ada 3 yang masing membutuhkan 1 GB memory tidak berarti server (mesin induk) harus memiliki kapasitas memory 3 x 1 GB. Spesifikasi minimal pada server induk yang harus terpenuhi agar virtual server dapat berjalan adalah :

  • Processor Pentium 4, dan harus memiliki kemampuan 64 bit.
  • Jika akan menggunakan model full virtualization CPU harus memiliki model motherboard intel VT (Virtualtation Technology) atau AMD-V.
  • Memory RAM minimal 1 GB.
  • Kapasitas hardisk minimal 20 GB.
  • NIC (Network Interface Card)

Metode Instalasi Proxmox

Sama seperti install sistem operasi berbasis Linux lainnya install Proxmox ada beberapa metode instalasi antara lain :

  • Menggunakan CD Installer Cara ini merupakan yang sudah umum digunakan karena Proxmox sudah dikemas dalam 1 keping CD. Proses instalasi dapat dilakukan dalam beberapa langkah saja tanpa konfigurasi yang rumit.
  • Menggunakan Live USB Cara ini memiliki cara kerja yang sama dengan menggunakan CD installer hanya berbeda pada media yang digunakan adalah USB flash. Metode ini sangat bermanfaat apabila suatu komputer tidak memiliki perangkat CD/DVD ROM. 

Instalasi Proxmox VE

Setelah mempelajari mengenai pengenalan Proxmox tahap selanjutnya adalah melakukan proses instalasi Proxmox untuk dapat digunakan sebagai OS virtualisasi. Perlu diketahui bahwa Proxmox bersifat Bare-Metal OS sehingga sistem antarmuka yang digunakan akan berupa Text Mode dan sebagian konfigurasi yang dilakukan melalui sistem remote. Berikut adalah langkah-langkah yang dijalankan untuk proses instalasi Proxmox.

Langkah 1
Download Proxmox VE di https://pve.proxmox.com/wiki/Downloads. kemudian Burning kedalam CD atau menggunakan Live USB. Booting komputer menggunakan CD yang sudah diburn atau jika tidak boot komputer menggunakan USB. Pada langkah pertama akan muncul halaman awal instalasi, pilih Install Proxmox VE kemudian tekan ENTER



Langkah 2
Pilih I aggre



Langkah 3
Pada opsi Target Harddisk, pilih harddisk yang akan di install



 Apabila ingin mempartisi, klik Options



Langkah 4
Pilih negara, zona waktu, dan layout keyboard sesuai tempat tinggal



Langkah 5
Masukan password untuk root, setelah itu masukan email



Langkah 6
Isi hostname, kemudian masukan IP Address, Netmask, Gateway dan DNS Server



Tunggu proses install selesai dan reboot



Done :)




Cara Menjalankannya

Langkah 1

Buka browser, kemudian masukan IP dan port 8006, klik lanjutkan




Login menggunakan root dan password yang tadi


Selesaiiii.... sekarang kita bisa memanajemen proxmox yang tadi sudah di install

Semoga Bermanfaat :)

Wassalamualaikum

You Might Also Like

2 komentar