Tentang Openstack

10:12:00 AM




Assalamualaikum.. 

kali ini saya akan menjelaskan tentang Openstack.. cusssss langsung ajaa gak usah basa basi lagi :3

mula mula saya menjelaskan sedikit mengenai Cloud Computing, karena ini berhubungan dengan Openstack.

ini saya jelasin tentang Cloud Computing duluu..
Cloud Computing adalah sebuah sistem dimana sumber daya seperti prosessor, storage harrdisk, memory, network, dan software akan diberikan kepada pengguna menggunakan layanan internet. Jadi intinya, ketika kalian mendengar kata internet, itu berarti dimana pun dan kapan pun dapat di akses. sooo, Cloud Computing ini dapat kita jalankan dimana saja dan data akan tersimpan di internet.

Karakteristik Cloud itu gimana pak?
jadi karakteristik cloud ada 5, ini penjelasannya :

1. Resource Poling
Layanan yang sumber dayanya dikelompokan pada satu lokasi/berbagai lokasi data center yang terdiri dari beberapa server.
maksudnya disini yaitu mekanisme multi-tenant, atau lebih mudahnya sebut saja komputer bersama, jadi sumber daya komputernya digunakan oleh berbagai user yang berbeda secara bersamaan,

2. On demand Self Service
Layanan yang memberikan kebebasan kepada konsumen untuk manajemen pengelolaan layanan sendiri tanpa campur tangan penyedia layanan.

3. Rapid Elasticity
Sistem cloud menyediakan layanan secara elastis dan cepat di sediakan, mulai dari penambahan/pengurangan kapasitas yang dibutuhkan.
tujuannya apa? jadii tujuannya ketika sebuah website sedang kebajiran traffic (banyak yang mengakses) jadi website tersebut harus menambah spesifikasi layanannya secepat mungkin, agar tidak terjadi keluhan dari konsumen yang sendang mengakses web tersebut.

4. Measured Service
Cloud harus dapat menghitung dan mengukur setiap sumber daya, bandwidth, layanan yang dipakai oleh komsumen dan jumlah biaya akan muncul dari setiap sumber daya yang telah dipakai

5. Broad Network Access
Layanan yang dapat di akses dari mana pun, mengunakan perangkan apapun, dan browser apapun dengan syarat terhubung jaringan internet

Model Implementasinya gimana sih?
cloud mempunyai 5 tipe pengimplemestasain

1. Public
Layanan ini disediakan untuk masyarakan umum. maksudnya itu cloud jenis ini bisa digunakan oleh siapa saya yang mendaftar dan langsung  menggunakan layanan tersebut

2. Private
Layanan cloud yang disediakan untuk memenuhi kebutuan pribadi, seperti peruhasaan atau organisasi, kebanyakan organisasi yang menggunakan private cloud itu sebagai Service Provider.

3. Community
Seperti Public Cloud, tapi lebih dikhusus kan untuk anggota terbatas seperti komunitas. misalnya suatu kementrian di indonesia membuat cloud yang dikhususkan untuk anggota kementrian lainnya.

----------------------------------------------
okeeee kita next ke Openstack
----------------------------------------------

jadi apa itu openstack?

Openstack merupakan software open source untuk membuat cloud computing yang support dengan semua tipe environment cloud. Openstack mengelola resource seperti controller, compute, storage, network yang ada pada infrastruktur fisik di dalam data center. Openstack dapat berjalan di sistem operasi linux seperti RedHat, Debian, Ubuntu, Opensuse.
Infrastruktur Openstack

History of Openstack
okee sejarahnya dulu yaa,, jadi awalnya openstack ini di buat oleh dua perusahan besar yaitu NASA dan Rackspace, Rackspace Hosting dan NASA meluncurkan ide untuk membuat Cloud Computing yg dikenal sebagai Openstack, jadi sebenarnya Rackspace dan NASA mempunyai tujuan yang berbeda, yaituuuu. Rackspace ingin membuat layanan untuk menyediakan tempat penyimpanan online yang unlimited, sedangkan NASA ingin membuat layanan compute untuk memanajemen beberapa virtual mechine.
Openstack resmi rilis pertama di masyarakan pada bulan Juli 2010 dengan nama Austin dan berencara merilis update reguler setiap beberapa bulan. berikut table perkembangan Openstack hingga sekarang.

Codename Tanggal Rilis Layanan
Austin 21 Oktober 2010 Nova, Swift
Bexar 3 Febuari 2011 Nova, Swift, Glance
Cactus 15 April 2011 Nova, Swift, Glance
Diablo 22 September 2011 Nova, Swift, Glance
Essex 5 April 2012 Nova, Swift, Glance, Horizon, Keystone
Folsom 27 September 2012 Nova, Swift, Glance, Horizon, Keystone, Quantum, Cinder
Grizzly 4 April 2013 Nova, Swift, Glance, Horizon, Keystone, Quantum, Cinder
Havana 17 Oktober 2013 Nova, Swift, Glance, Horizon, Keystone, Neutron, Cinder, Ceilometer, Heat
IceHouse 17 April 2014 Nova, Swift, Glance, Horizone, Keystone, Neutron, Cinder, Ceilomter, Heat, Trove
Juno November 2014 Nova, Swift, Glance, Horizone, Keystone, Neutron, Cinder, Ceilomter, Heat, Trove, Sahara
Kilo 30 April 2015 Nova, Swift, Glance, Horizone, Keystone, Neutron, Cinder, Ceilomter, Heat, Trove, Sahara, Ironic.
Liberty 15 Oktober 2015 Nova, Swift, Glance, Horizone, Keystone, Neutron, Cinder, Ceilomter, Heat, Trove, Sahara, Ironic, Zaqar, Manila, Designate, Barbican.
Mitaka 7 April 2016 Nova, Swift, Glance, Horizone, Keystone, Neutron, Cinder, Ceilomter, Heat, Trove, Sahara, Ironic, Zaqar, Manila, Designate, Barbican, Magnum, Murano, Congress.
Newton 6 Oktober 2016
Ocata


oke sekarang next, kita ke komponen Openstack.

Openstack mempunyai 2 tipe komponen. berikut penjelasannya.

1. Core Componen ( Komponen Inti )


  • Nova (Compute), komponen ini mengatur proses alokasi CPU untuk setiap VM, jadi komponen ini merupakan yang utama dalam sistem IaaS (Infrastructure as a Service)
  • Keystone (Identity Service), komponen ini menyediakan outentikasi di semua infrastruktur cloud, jadiii semua komponen dari Core dan Optional akan melewati Keystone untuk di verifikasi.
  • Neutron (Networking), komponen yang menyediakan NaaS (Network Connectivity as a Service) yang mengatur network di Openstack, seperti subnet, routing, load-balancer, gateway, dan floating IP.
  • Glance (Image Service), komponen yang menyediakan layanan virtual disk images.
  • Cinder (Block Storage), komponen ini menyediakan Block Storage yang akan dipakai oleh komponen instances.
  • Swift (Objeck Storage), fungsinya sama seperti Cinder, tapiiii bedanya di Swift dapat menyimpan data tak terhingga sedangkan Cinder lebih seperti harddisk di laptop atau pc kita, tapi sifatnya virtual.

2. Optional Components

  • Horizon (Dasboard), merupakan tampilan dashboard yang menyediakan web interface untuk semua komponen openstack.
  • Ceilometer (Telemetery), layanan ini memberikan layanan sistem penagihan dari pengukuran kebutuhan pelanggan di seluruh komponen Openstack.
  • Heat (Orchestration), komponen untuk men-deploy aplikasi cloud, Heat ini menjadi penengah antara manusia dan mesin yang digunakan untuk mengatur semua komponen infrastruktur dan aplikasi dalam cloud openstack.
  • Trove (Database),  merupakan komponen DaaS (Database as a Service) untuk openstack. admin dan user dapat mengatur beberapa database instance sesuai kebutuhan.
mungkin sampai sini dulu, insyaallah akan saya update jika ada pembaruan :3
untuk kedepannya saya akan me-lab kan Openstack (jossss)

Nun wal qalami wama yasthurun
Wassalamualaikum....

You Might Also Like

0 komentar