Tips Hidup Sehat dengan Islam - Ustadz Badrusalam, Lc.

10:42:00 PM



Assalamualaikum...

Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya ingin menyampaikan sedikit ilmu yang saya dapat dari Ustadz Badrusalam, Lc. yakni mengenai Tips Hidup Sehat dengan Islam.

Bismillahirrahmanirrahim..

Sekarang ini banyak orang mencari kesehatan, bahkan bagi orang-orang barat kalau kesehatan itu bagaikan dunia dan seisinya atau bisa juga kesehatan itu segala-gala nya bagi mereka. Bukti bahwa mereka sangat menjunjung tinggi kesehatan adalah makanan serba steril, pakaian dan yang lainnya. mereka sangat mendetail masalah kesehatan ini. Sehingga bagi orang-orang yang kurang beriman, mereka lebih percaya bahwa orang-orang barat itu sangat memperhatikan tentang kesehatan, yang pada akhirnya, mereka mengikuti aktifitas orang-orang barat agar hidup sehat.

Tetapi, sebenarnya kalau kita perhatikan, Islam lah yang paling memperhatikan tentang kesehatan. Siapa saja yang mempelajari sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam maka dia akan mendapatkan bahwa kaidah-kaidah kesehatan sudah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Bisa kalian riset sendiri bagaimana Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam mempraktikan kesehatan di dalam kehidupan kita sehari hari.

Salah satunya dalam tata cara makan, Allah SWT memberikan kaidah kesehatan.


Allah SWT berfirman :

وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلَا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ
“Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebih-lebihan (boros) karena Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (Al-A’raf:31).
Kata Ibnu Katsir, setengah ayat diatas menjelaskan tentang ilmu kesehatan secara keseluruhan.

dari Abdullah bin Amr bin al-'Ash menceritakan bawha Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda :
“Makan, minum, bersedekah dan berpakaianlah asal tidak engkau tidak bersikap angkuh dan berlebih-lebihan.” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan oleh Al-Albani dinyatakan sebagai hadits hasan)
dan dari Al-Miqdan bin Ma’dykareb al-Kindi mengisahkan: Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda :
"Tidaklah seorang anak Adam memenuhi suatu kantung yang lebih buruk dibanding perutnya. Bila tidak ada pilihan, maka cukuplah baginya sepertiga dari perutnya untuk makanan, sepertiga lainnya untuk minuman dan sepertiga lainnya untuk nafasnya." (HR. Ahmad At-Tirmidzi, An-Nasa’i dan oleh Al-Albani dinyatakan sebagai hadits shahih)
Siapa saja yang mempelajari hadits ini akan mengerti bahwa cara makan sehat yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena salah satu sebab munculnya penyakit adalah dari makanan, dimana bahwa ketika lambung melebihi kapasitas, dan di isi terus, akibatnya lambung akan rusak, dan ketika lambung rusak, limpa rusak, akan mempengaruhi organ-organ tubuh yang lainnya.

Kemudian kalau tadi Rasululah shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan bagaimana tata cara makan, sekarang beliau mengajarkan tata cara tidur yang sempurna sehat untuk badan.

Rasulullah Tidur Ketika di Awal Waktu Malam
Ketika sudah masuk waktu malam, dianjurkan untuk tidur, karena ketika kita selalu tidur larut malam, organ-organ ditubuh kita tidak akan bekerja dengan semestinya, seperti jantung dan hatinya. Sehingga seseorang yang senantiasa tidur kemaleman pasti akan menimbukan berbagai macam penyakit. Tapi Rasullullah menganjutkan umatnya untuk tidur di awal waktu malam.

dari Abu Barzah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berkata :

عَنْ أَبِي بَرْزَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا
Dari Abu Barzah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak suka tidur sebelum shalat ''Isya' dan berbincang-bincang setelahnya." (H.R. Bukhari)

maka dari itu Rasullulah menganjurkan umatnya untuk tidur di awal malam, dan Rasullulah juga mengajarkan tata cara tidur yang sehat, beliau tidur di atas rusuk yang kanan dengan tangan kanan sebagai bantalan kepala, kenapa demikian? karena kalau kita tidur diatas rusuk yang kiri maka itu akan memberatkan kerja jantung kita, bahkan bisa jadi makan yang ada di dalam perut bisa tumbak ke jantung sehingga akhirnya bisa merusak pekerjaan jantung itu sendiri, maka dari itu Rasullullah mengajarkan menggunakan rusuk yang kanan sebagai tumpuan saat tidur. Terbukti oleh perkataan semua dokter, bahwa tidur paling sehat adalah tidur yang menggunakan rusuk sebelah kanan sebagai tumpuaan.

Kemudian, Ibnu Qayyim ra dalam kitab Ighatsatul Lahfan, ketika menyebutkan tentang pokok-pokok kesehatan beliau berkata bahwa ketauilah bahwa pokok kesehatan di dalam tubuh manusia ada 3 hal , yang ketiga hal ini di tunjukan dalam Al-Qur'an dan Hadits.

Petama, Menjaga Stamina
hal ini di tetap kan dalam Al-Qur'an dan Hadits, orang yang sakit di perbolehkan ia untuk tidak berpuasa, karena untuk menjaga staminanya, sehingga tidak terlalu lemah ketika menghadapi penyakit.

Kedua, Tidak Mengkonsumsi Makanan yang Merusak Tubuh
dalam hal ini Allah SWT mengharamkan arak dan mengharamkan semua yang bisa berbahaya bagi tubuh, karena Allah memberikan sebuah nikmat bahwa apabila sesuatu lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya, maka tinggalkan lah. Sebagaimana misalnya arak dan judi, walaupun terdapat manfaatnya, tetapi bahaya nya lebih besar dibandingkan manfaatnya, maka Allah haramkan arak dan judi. Pada zaman sekarang, banyak orang tidak peduli yang masuk ke tubuh mereka itu bahaya atau tidak, banyak makan sudah tercampur dengan msmg, folmalin, pengawet, pewarna buatan, yang mempengaruhi fungsi tubuh kita. maka dari itu berhati-hatilah,

Ketiga, Berusaha Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
ada dalil yang menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah berbekam (pengobatan mengeluarkan darah dari tubuh) untuk mengeluarkan racun yang bisa merusak tubuh, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga mengajurkan untuk muntah, sebagaimana dikatakan oleh para tabib muntah sebulan 2 kali itu sebuah hal yang bagus untuk kesehatan, menghindari penyakit kusta dan yang lainnya.

Maka dari itu saudara, cobalah untuk mengikuti tata cara hidup sehat yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. contohlah kehidupan sehari-hari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Insyaallah kita akan hidup sehat bila menjalankannya. Rasulullah juga mengajarkan untuk tidak berlebihan, tetapi juga tidak kurang, karena berlebihan dan jika kurang akan menyebabkan penyakit.

Adapula penyakit hati, penyakit ini bisa mempengaruhi badan, maka Rasulullah menyuruh kita untuk bersabar, tawakal, jangan marah, jangan terlalu banyak tertawa, karena itu semua bisa merusak tubuh kita, karena kita terlalu banyak tertawa bisa mengeraskan jantung, ketika terlalu sering marah, bisa merusak hati, ketika terlalu banyak bersedih akan merusak organ limpa, maka islam datang ketika kita bersedih, serahkanlah kepada Allah, sehingga kita tidak terlalu bersedih, kita tawakal kepada Allah sehingga kita tidak stress dalam kehidupan kita, kita disuruh untuk berzikir agar hidup kita terasa tenang.

Semua yang telah di jelaskan adalah untuk menjaga tubuh. Tujuan dari itu semua adalah bukan untuk kehidupan dunia, melainkan untuk kehidupan akhirat. maka dari itu pelajarilah sunnah Rasulullah memang sehat, bagi siapapun yang melakukan sunnah Rasulullah, insyaallah dia akan sehat. selain bermanfaat bagi dunia, tapi juga bermanfaat bagi akhirat.

lihat video berikut untuk lebih jelasnya


Nun walqalami wama yasthurun
Wassalamualaikum... 

You Might Also Like

0 komentar