Sungai Penghapus Dosa - Dari Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc.

1:31:00 AM


Assalamualaikum..

Bismillah.. pada pembaca yang dirahmatkan Allah SWT, kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapat dari ceramah Ustadz Mizan Qudsiyah, Lc. mengenai Sungai Penghapus Dosa. semoga bermanfaat bagi para pembaca, Amin.

siapa di antara kita yang tidak berdosa?

Seperti difirmankan Allah SWT dalam hadits qudsi yang terkenal yang diriwayatkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Allah Azza wa Jalla:
"Wahai hamba-Ku, sesungguhnya kalian melakukan dosa pada malam dan siang hari, dan Aku mengampuni dosa-dosa seluruhnya, maka mintalah ampunan kepada-Ku niscaya Aku ampuni kalian." [Hadits diriwayatkan oleh Muslim dari hadits Abi Dzar]
dan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
"Demi Dzat Yang jiwaku berada dalam kekuasan-Nya, seandainya kalian tidak berbuat dosa niscaya Allah SWT akan menghapuskan kalian dari muka bumi dan mendatangkan makhluk lain yang melakukan dosa kemudian meminta ampunan kepada Allah SWT dan Allah SWT pun mengampuni mereka." [Hadits diriwaytkan oleh Ahmad dan Muslim dari Abi Hurairah. Sahih Jami' Shagir (7074)]
dari bangun tidur sampai tidur kembali pernahkan kita semua lepas dari dosa dan maksiat? 

tetapi meskipun demikian, jangan lah kita berkecil hati untuk meminta ampunan kepada Allah Azza Wal Jalla. dalam firman-Nya
"katakanlah kepada hamba-hamba ku yang tenggelam dalam dosa dan maksiat, jangan kalian putus asa dari rahmat Allah, sesungguhnya Allah SWT mengampuni seluruh dosa"
Allah SWT telah menjadikan apapun didunia ini sebagai penghapus dosa, berbagai amalan perbuatan dan perkara.

dari Al-Imam Ibnu Qayyim Rahimakumullahuta'ala, beliau mengatakaan:
"Didunia ini Allah Azza Wa Jalla jadikan bagi anak Adam itu tiga sungai untuk membersihkan dosa mereka"
  • yang pertama, sungai taubatan nasuha; yaitu sungai yang melepaskan segala perbuatan dosa dan berjanji tidak akan mengulnginya lagi. taubat yang sebenar-benarnya taubat, taubat yang sesungguhnya.
  • yang kedua, sungai hasanaat; yaitu sungai kebaikan-kebaikan yang akan mengubur semua bentuk keburukan. yang akan menenggelamkan segala dosa-dosa.
  • yang ketiga, sungai mushibah ‘adziimah; yaitu sungai musibah atau bencana yang besar, dimana akan akan melebur setiap dosa dan mengampuni setiap dosa.
"Maka apabila Allah menghendaki kebaikan kepada seorang hamba-Nya Ia akan memasukannya kedalam salah satu sungai tersebut sehingga ia akan datang kepada-Nya di hari kiamat dengan tubuh yang suci dan bersih dan tidak perlu dimandikan di sungai yang ke empat (sungai jahannam) (Ibnu Qoyyim Aljauziyah)
jadi.... jika kita terkena musibah, untuk apa kita putus asa? kenapa kita malah kejalan yang salah? apa jika kita terus mengeluh? bahkan sampai ke hal hal yang negatif bagi diri kita maupun orang lain, seperti mengkonsumsi narkoba, minum-minuman, hingga bunuh diri.

bukankah Allah telah menjanjikan kita ampunan-Nya?

bukankan Allah sudah menjanjikan beberapa sungai tadi sebagai penghapus dosa?

jadi mulailah kita taubat dan berbuat baik untuk menghapus dosa-dosa dan keburukan.
dan jangan lah kita memandang musibah hanya sebelah mata yakni dari sisi negatifnya saja.

siapa sih yang tidak mau dosa nya di ampuni Allah?
maka pandanglah musibah sebagai nikmat yang Allah berikan kepada hambanya. pandanglah sebagai ampunan dari salah satu Allah Azza Wa Jalla untuk mengampuni hambanya.

demikian yang dapat disampaikan di postingan kali ini. Insyaallah bermanfaat bagi kita semua. Amin.

Nun walqalami wama yasthurun
Wassalamualaikum..

You Might Also Like

0 komentar