Beginilah Kepribadian Seorang Muslim - Ustadz Afifi Abdul Wadud

12:53:00 AM


Assalamualaikum..

Bismillahirrahmanirrahim..

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi kepada saudara sekalian, walaupun sedikit yang saya sampaikan, semoga menjadi pelajaran untuk kita semua dan semoga keimanan kita semakin tinggi kepada Allah SWT. Amin

Postingan kali ini akan membahas mengenai kepribadian seorang muslim. ada 2 amalan yang akan menjadikan kita sebagai seorang muslim yang baik. yaitu aqidah dan akhlak

AKIDAH
Seperti disebutkan dalam firman Allah SWT :

Q.S. Ibrahim Ayat 24-26 : Reminder

[ 14:24 ]
أَلَمْ تَرَ كَيْفَ ضَرَبَ اللّهُ مَثَلاً كَلِمَةً طَيِّبَةً كَشَجَرةٍ طَيِّبَةٍ أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا فِي السَّمَاء
"Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit,"

[ 14:25 ]
تُؤْتِي أُكُلَهَا كُلَّ حِينٍ بِإِذْنِ رَبِّهَا وَيَضْرِبُ اللّهُ الأَمْثَالَ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ
"Pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat."

[ 14:26 ]
وَمَثلُ كَلِمَةٍ خَبِيثَةٍ كَشَجَرَةٍ خَبِيثَةٍ اجْتُثَّتْ مِن فَوْقِ الأَرْضِ مَا لَهَا مِن قَرَارٍ

"Dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikit pun."

Ayat diatas ini, menggambarkan seorang muslim yang seutuhnya dan tumbuh dari aqidah yang shaleh dan mempunyai iman yang tinggi. Menjadi muslim seperti pohon yang baik, pohon yang memberikan manfaat kepada seseorang, misalnya memberikan buahnya untuk dimakan, memberikan teduhan untuk seseorang yang dibawahnya, sebagai pencegah banjir, mengubah CO2 menjadi O2. Begitulah seharusnya kepribadian seorang muslim, menjadi muslim yang bermanfaat bagi orang yang disekitarnnya.



Diantaranya contoh kalimat tayibah atau kalimat yang mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, sebagai berikut ;

اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
Aku berlindung kepada Allah dari godaan syetan yang terkutuk.

بِــسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعلَمِيْنَ
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

 اَشْهَدُ اَنْ لا اِلهَ اِلاَّ الله ُ ج   وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah utusan Allah.

سُبْحنَ الله ُ
Maha suci Allah.

 اَللهُ اَكبَرُ
Allah Maha Besar


لا اِلهَ اِلاَّ الله ُ
Tiada Tuhan kecuali Allah.

لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.


 اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ  اَلّذِىْ لا اِلهَ اِلاَّ هُوَالْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ
Aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, Dzat yang tiada Tuhan selain Dia yang Hidup yang terus menerus mengurus mahluk-Nya dan aku bertaubat kepada-Nya.

اِنَّا ِللهِ وَ اِنّااِلَيْهِ رَا جِعُوْنَ
Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami kembali.

Dan masih banyak yang lainnya ucapan-ucapan yang baik bagi seorang muslim sebagai amal shaleh.

Seorang muslim yang memiliki aqidah yang kokoh didalam hatinya dan menumbuhkan berbagai amalan-amalan yang membuat muslim tersebut diangkat derajatnya oleh Allah SWT dengan niat yang ikhlas, akan menjadi pohon yang memberikan buah-buahan yang indah, buah yang dapat dirasakan oleh manusia yang lainnya. Buah disini adalah buah yang dirasakan bukan hanya dirasakan di dunia saja, melainkan dirasakan juga di akhirat. 

Firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surat An-Nahl Ayat 97 :

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (16: 97)

Ayat Allah SWT tersebut memberikan kita sebuah faedah, bahwa seorang muslim yang memiliki aqidah yang shaleh dan iman yang kokoh dan melakukan segala ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah shallalahu 'alaihi wasallam, akan memberikan kehidupan yang baik bagi setiap muslim dan orang orang disekitarnya, meberikan kelapangan dada, kebahagiaan, dan ketenangan hati. Maka seorang muslim ini akan mendapatkan surganya dunia.

Seorang muslim didalam 2 kondisi mendapat musibah dan mendapatkan nikmat Allah SWT, yang akan dilakukan adalah ketika mendapat musibah dia bersabar dan ketika mendapatkan nikmat Allah SWT dia bersyukur, maka itu adalah kehidupan yang sangat menakjubkan bagi seorang muslim.

AKHLAK
Bagi seorang muslim, ucapan yang baik, perbuatan yang baik, dan keberadaan nya yang bermanfaat bagi orang di sekitarnnya.

Ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah, lalu ia bertanya:

"Wahai Rasulullah, siapa orang yang paling dicintai oleh Allah? Dan apa amalan yang paling dicintai oleh Allah?" 

Maka Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

أحبُّ الناسِ إلى اللهِ تعالى أنفعُهم للناسِ وأحبُّ الأعمالِ إلى اللهِ عزَّ وجلَّ سرورٌ يُدخلُه على مسلمٍ أو يكشفُ عنه كُربةً أو يقضي عنه دَينًا أو يطردُ عنه جوعًا ولأن أمشيَ مع أخٍ في حاجةٍ أحبُّ إليَّ من أن أعتكفَ في هذا المسجدِ ( يعني مسجدَ المدينةِ ) شهرًا ومن كفَّ غضبَه ستر اللهُ عورتَه ومن كظم غيظَه ولو شاء أن يمضيَه أمضاه ملأ اللهُ قلبَه رجاءَ يومِ القيامةِ ومن مشى مع أخيه في حاجةٍ حتى تتهيأَ له أثبت اللهُ قدمَه يومَ تزولُ الأقدامُ

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling bermanfaat untuk manusia. Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya. Dan aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya itu lebih aku cintai daripada ber-i’tikaf di masjid Nabawi selama sebulan lamanya. Dan siapa yang menahan marahnya maka Allah akan tutupi auratnya. Barangsiapa yang menahan marahnya padahal ia bisa menumpahkannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan di hari kiamat. Dan barangsiapa berjalan bersama saudaranya sampai ia memenuhi kebutuhannya, maka Allah akan mengokohkan kedua kakinya di hari ketika banyak kaki-kaki terpeleset ke api neraka” (HR. Ath Thabrani 6/139, dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 2/575).



Semoga bisa memberikan kita manfaat yang berguna, Aminn...

Nun walqalami wama yasthurun
Wassalamualaikum...

You Might Also Like

0 komentar