Instalasi VMware Tools pada Guest Windows (Lab 72)

6:01:00 PM



Assalamualaikum..

Bismillahirrahmanirrahim.. pada lab kali ini saya akan memberikan tutorial untuk menginstall VMware Tools pada Guest Linux, tapi sebelum kita lanjut lab-nya, saya akan memberikan penjelasan sediki tentang VMware Tools ini.

What is VMware Tools?

VMware Tools ini sebenarnya software optional atau bisa kita sebut sebagai pelengkap saja, VMware Tools ini menyediakan driver dan utilitas yang berfungsi meningkatkan fungsionalitas koneksi diantara guest (virtual machine) dan host (esxi). Jadi singkatnya VMware Tools ini berfungsi menungkatkan performa interaksi antara guest dan host. Sumbernya dari sini

Why must install VMware Tools?

Berikut beberapa fungsi penting jika kita menginstall VMware Tool pada VM kita :

  • VMware tools akan menginstall driver VGA agar dapat meningkatkan FPS (frame per second) Graphics-nya
  • Meningkatkan alokasi dan efisiensi memory pemakaian (RAM), VMware tools ini akan menginstall driver memory control yang mana dapat meningkatkan alokasi penggunaan RAM.
  • Meningkatkan kinerja I/O dari SCSI yang digunakan oleh sebagian guest operating system VMware.
  • Meningkatkan responsifitas penggunaan mouse. Jadi kursor kita bisa langsung masuk ke guest dan host tanpa harus meng-klik atau menekan ctrl+alt 
  • Mendukung shared folders
  • Mempermudah untuk melihat ip address lewat dashboard vSphere client tanpa harus masuk ke guest (VM) nya
  • Terdapat fitur shutdown dan restart yang tidak secara paksa, kalau sebelum menginstall VMware Tools ini ketika kita mengklik power off di dashbord, itu akan mematikan secara paksa seperti menekan lama tombol power atau mencabut kabel power, tetapi jika sudah terinstall, guest akan men-shutdown seperti biasa secara SOP (Standar Oprasional Prosedur)
  • Waktu di VM dengan waktu di ESXi akan tersingkron langsung.
Kemungkinan seperti itu manfaat yang kita dapat jika menginstall VMware Tools ini.

Langsung saja saya akan memberikan tutorial untuk menginstall VMware Tools ini.

STEP 1 - Login ke VMware ESXi-nya

Buka aplikasi vSphere Client (aplikasi ini hanya untuk os windows) nya. Kemudian masukan IP Address atau domain name dari ESXi servernya, lalu kita akan login menggunkan user root, masukan user dan passwordnya.

login vmware clinet

jika muncul tab tentang  "Certificare Warning" di skip aja, atau bisa kita ignore aja...



security warrning

STEP 2 - Instalasi VMware Tools

Sebelum kita menginstall, pastikan dvd drive pada guest nya kosong, agar tidak terjadi masalah saat menginstall, matikan terlebih dahulu guest-nya, lalu klik kanan pada guest, pilih Edit Setting...



kemudian klik pada bagian CD/DVD drive 1 lalu ubah ke Client Device dan dalam mode Passthrough IDE lalu klik OK


Lalu kita lihat terlebih dahulu apakah VMware Tools sudah terinstall apa belum, klik kanan pada guest-nya lalu pada tab Summary, diopsi VMware Tools masih bertulisan Not running (Not Installed).


Kemudian kita masukan dvd VMware Tools-nya dengan cara klik kanan pada guest lalu pilih Guest > Install/Upgrade VMware Tools.



Jika muncul window seperti dibawah, pilih Interactive Tools Upgrade, agar guest windows menginstal sendiri aplikasi apa saja yang dibutuhkan oleh user, jika memilih Automatic Tools Upgrade, itu akan otomatis terinstall di guest windows, setelah itu klik OK


Lalu pastikan pada Recent Tasks statusnya sudah Completed


STEP 3 - Instalasi Driver VMware Tools di Guest Windows

Pertama buka Windows Explorer, lalu klik 2 kali pada CD Drive VMware Tools-nya, Instaler akan otomatis jalan,


Lalu klik Next,


Pilih Typical, untuk install program feature nya hanya produk VMware saja, jika pilih yang Complete, dia akan menginstall semua program feature, untuk Costume, kita bebas memilih apa saja yang akan diinstall.


Selesai, klik Finish


Kemudian klik Yes untuk merestart


STEP 4 - Verifikasi

Sekarang kita lihat pada tab Summary di guest windows, lalu lihat pada bagian VMware Tools, jika sudah menunjukan Running (Current) maka instalasi ini berhasil



And Done~

Demikianlah cara menginstall VMware Tools pada Guest Linux, jika ada masalah silahkan kontak saya di facebook atau pun sosial yang sudah saya cantumkan di blog ini, semoga bermanfaat.

Nun walqalami wama yasthurum
Wassalmualaikum...

You Might Also Like

0 komentar